Apakah pembelajaran itu?

  1. Pembelajaran adalah : Usaha yang dilakukan orang atau kelompok profesional untuk memberikan kemungkinan dan/atau kemudahan orang lain belajar dengan sengaja, terarah dan terkendali. Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Usaha mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif tertentu dalam kondisi tertentu.
  2. Pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan tiga variabel, yaitu :
  • Kondisi
  • Metode atau perlakuan
  • Hasil
  1. Kondisi pembelajaran meliputi : karakteristik pemelajar (fisik & psikis), karakteristik pelajaran (sifat, keluasan, peringkat dll.), dan hambatan (di luar diri pemelajar seperti sarana, waktu dll.).
  2. Metode dapat dibedakan dalam tiga kategori : strategi pengelolaan yang terutama dipengaruhi oleh karakteristik pemelajar; strategi pengorganisasian pelajaran yang terutama dipengaruhi oleh karakteristik pelajaran; dan strategi penyajian yang terutama dipengaruhi oleh hambatan.
  3. Hasil belajar meliputi efektivitas, efisiensi, dan daya tarik.
  4. Pembelajaran kebanyakan merupakan usaha yang bersifat preskritif, yaitu membuat “resep” agar masalah belajar dapat diatasi, dengan berdasarkan pada teori tertentu.
  5. Ciri preskriptif itu seringkali dinyatakan dalam bentuk model prosedural. Contoh :

“Agar supaya pelajaran dapat diserap dengan baik, sajikanlah dengan jalan merangsang indera sebanyak mungkin.”

  1. Pendekatan preskriptif seringkali harus memperhatikan :
    1. Bagaimana karakteristik pemelajar
    2. Mengapa belajar
    3. Dari apa dan siapa belajar
    4. Bagaimana diperoleh hasil optimum
    5. Faktor apa (internal maupun eksternal) yang mempengaruhi (mendukung maupun menghambat)
    6. Bagaimana peristiwa berlangsung
  2. Secara konseptual, pola belajar dan pembelajaran berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat yaitu :
  • masyarakat agraris pembelajaran lebih banyak dilakukan oleh keluarga, lembaga keagamaan, dan lembaga masyarakat.
  • masyarakat industri pembelajaran lebih banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan (umum, kejuruan, politeknik), lembaga (tempat) kerja,
  • masyarakat informasi pembelajaran lebih banyak dilakukan oleh lembaga media, lembaga pendidikan tinggi, dan lembaga pelatihan.

10.  Pembelajaran adalah memberikan bantuan agar pemelajar (learner) mampu membangun diri sendiri dengan mengolah dan memberi makna atas pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya (aliran konstruktivis).

11.  Materi pembelajaran yang disusun dengan pendekatan elaboratif akan lebih mudah dikuasai oleh pebelajar   (Reigeluth – teori elaborasi).

12.  Langkah pembelajaran yang disusun tahap demi tahap dalam langkah-langkah kecil, akan menjamin dikuasainya tujuan belajar (Landa – teori algoritma)

13.  Proses pembelajaran dengan merangsang berbagai indera secara bervariasi akan lebih efektif (Gagne, Banathy, Heinich, Molenda dll.- teori pemrosesan informasi)

14.  Tidak ada satu cara atau sarana yang terbaik untuk semua keperluan pembelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: